Menjadi Pengusaha dengan Kualitas Terbaik


Dunia penuh dengan persaingan, mulai dari persaingan mendapatkan pacar hingga bisnis. Kali ini saya akan membahas persaingan dunia bisnis. Namun dalam bentuk transaksi jual beli. Seorang pedagang / penjual / pengusaha tentu harus mempunyai kiat-kiat khusus untuk menjadi penjual / pengusaha dengan kualitas yang terbaik. Untuk menjadi itu semua tidak cukup hanya mengandalkan modal nekat, tetapi juga skil dalam menarik pelanggan. Mungkin teori tidak cukup untuk membentuk kita menjadi penjual dengan kualitas terbaik dalam waktu yang singkat. Butuh usaha dan kerja keras untuk mencapai itu semua. Untuk para calon penjual tidak salahnya membaca trik berikut :

1. Belajar dari Pengalaman
Untuk memulai karir di dunia bisnis jual beli, cobalah bertanya / meminta pengalaman kepada senior (orang yang berpengalaman dalam bisnis jual beli tersebut). Jadikan itu adalah langkah awal anda sebelum memulai menjadi penjual dengan kualitas terbaik. Jika anda tidak mendapatkan orang yang tepat, anda juga dapat dengan membeli buku pengusaha-pengusaha yang sukses, seperti pengusaha Bob Sadino atau memulainya dari menjadi karyawan toko. Dari sana anda bisa menemukan, hal-hal yang boleh anda lakukan atau yang tidak boleh anda lakukan saat anda berjualan.

2. Jujur
Nampaknya sikap jujur kini mulai ditinggalkan oleh masyarakat kita. Padahal jujur adalah salah satu modal utama dalam berdagang. Dengan jujur pelanggan anda akan lebih percaya dengan anda. Walaupun harga barang yang anda tawarkan agak sedikit mahal.

3. Aktif dan Berani
Anda juga dituntun untuk aktif dan berani menawarkan barang dagangan anda ke pembeli. Mulailah bicara yang sopan dan cobalah menarik hati si pembeli perlahan demi perlahan. Yakinkan si pembeli bahwa barang yang dia beli adalah barang yang ori atau dengan kualitas terbaik.

4. Unik
Buatlah dagangan yang anda jual berbeda dari yang lain. Munculkan hal-hal yang baru, yang memungkinkan memperkecil lahan saingan anda dalam berdagang. Unik bukan berarti kualitas diabaikan, tetapi juga dengan kualitas terbaik.
 
5. Ahli Berbahasa
Dunia terus berkembang, zaman yang dilalui mempunyai persaingan yang ketat. Apalagi menghadapi dunia global, atau pembeli yang berasal dari luar negeri. Untuk menghadapi pembeli dari luar negeri, tentu kita harus bisa berbahasa Internasional (bahasa Inggris).

6. Sediakan Apa yang di Inginkan
Jika pembeli ingin ada inovasi dari segi tampilan produk anda. Maka anda harus mengusahakan hal tersebut. Dari sini mungkin akan memunculkan peluang seperti apa yang telah disebutkan pada nomor 4 (memperkecil lahan saingan).

7. Fokus
Inilah cara terakhir agar seorang penjual / pengusaha itu bisa sukses. Terkadang beberapa orang cepat bosan dengan apa yang mereka guluti. Agar tidak cepat bosan jadikan hal yang anda kerjakan itu adalah hobby anda. Mungkin dari sana maka anda akan lebih fokus dengan yang anda kerjakan.

3 komentar:

No Smoking or Now Smoking mengatakan...

nice tips gan... tetap semangat berwirausaha.hehe

kunjungi jg blog ane ya, salam kenal

Unknown mengatakan...

tolong baca aturan berkomentar di FAQ

Unknown mengatakan...

hehehe... makasih! (Y)

Loading

5 Best Articles